Minggu, Oktober 11, 2009

Analisa Data Statistik: Bootstrap Non Parametrik

Dalam dunia Bootstrap, sebuah sampel diambil dari suatu populasi. Sampel ini dinamakan dengan Sampel Asli. Sampel Asli kemudian diperlukan sebagai populasi dan diaplikasikan prosedur Monte Carlo pada sampel tersebut. Hal ini dilakukan dengan mengambil sejumlah besar Sampel Ulang (Resample) berukuran n dari Sampel Asli secara random dengan pengembalian. Dengan cara Resampling seperti ini akan diperoleh sampel yang berukuran sama dengan Sampel Asli dan dengan pengembalian dimungkinan diperoleh Resample yang sama lebih dari sekali dan mungkin saja berbeda dengan Sampel Asli.

Metode Bootstrap tidak selalu memerlukan asumsi distribusi dan formulasi analitis yang rumit untuk mengestimasi parameter dari suatu populasi. Jika asumsi dari suatu distribusi tidak diketahui maka disebut kasus nonparametrik.

Software yang recomended untuk digunakan analisa dengan metode Bootstrap adalah S-Plus dan R.

(Sopana (2003). Estimasi Interval Konfidensi Nonparametrik dengan Metode Bootstrap. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta.)

=======================================
---IKLAN----IKLAN----IKLAN----IKLAN---

Beta Consulting ( Bengkeldata.com ) siap membantu perusahaan/perorangan dalam melakukan analisa data statistika, olah data penelitian , riset pasar dan konsultasi manajemen.

LAYANAN
1. Olah Data Statistika/ Penelitian : Uji Parametrik & Uji Non Parametrik, Bootstrap, REGRESI, KORELASI, Multivariat, dll
2. Training Statistika : SPSS, Eview, SAS, Lisrel, Minitab, Amos
3. Riset Pasar
4. Management Consultancy

Hubungi:
Beta Consulting ( Bengkeldata.com )
Telp: (021) 71088944 email : info@bengkeldata.com
======================================

Belum Ada Komentar

Arsip Blog

@ All Right reserved 2008. Edited By JuraganTAHU Design by usuario ^