Senin, November 23, 2009

Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat

Hari Raya Idul Adha tinggal hitungan hari. Tentu bagi yang muslim, merupakan salah satu hari besar agama Islam. Tradisi berkurban begitu marak di seantero Indonesia. Nah, bagaimana tips mencari hewan kurban yang baik dan sehat? berikut artikel yang saya ambil dari Detik. Selamat membaca.

Ratusan kambing dan sapi memasuki Jakarta dari berbagai daerah. Meski para penjual sudah mengantongi sertifikat dari Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (P2K) Pemprov DKI, tak ada salahnya mengetahui ciri-ciri kambing sehat.

Konsumen tak hanya perlu menanyakan sertifikat sehat dari Dinas tapi konsumen juga perlu mengetahui ciri-ciri kambing yang trengginas dan bugar di luar standar kesehatan medis.

"Kalau sertifikat kesehatan dari dinas kami punya," ujar penjual kambing Bejo (60) asal Wonosobo yang mangkal Jl Kemayoran Gempol, Kel Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat kepada detikcom, Selasa (24/11/2009).

Kakek yang telah puluhan tahun menjual kambing ini memberikan tips-tips memilih kambing yang masuk kriteria tersebut. Yaitu mata tidak belekan (keluar cairan) dan sinar matanya cemerlang. Dari segi postur harus trengginas, lincah dan tidak tiduran terus atau meringkuk.

"Khusus sapi, bulu jangan terlalu njabrik (berdiri), itu sakit. Tapi kalau kambing tidak terlalu kelihatan," beber kakek yang mempunyai 5 karyawan.

Untuk kambing-kambing miliknya, diambil dari Wonosobo, Magelang dan Temanggung. Di tempat asalnya, dia membeli senilai Rp 900 ribu - Rp1,2juta per ekor. Kemudian, dia menjual di Kemayoran menjadi Rp 1,5 juta - Rp 2juta per ekor.

Dalam satu kali musim Lebaran Idul Adha, dia bisa menjual ratusan kambing.

"Selain untuk keuntungan juga biaya perawatan, transportasi, biaya hidup di Jakarta dan sebagainya," pungkasnya.

Belum Ada Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Arsip Blog

@ All Right reserved 2008. Edited By JuraganTAHU Design by usuario ^