Senin, Oktober 11, 2010

Wisata Cirebon : Linggarjati di Kuningan Jawa Barat

Wisata Cirebon : Linggarjati di Kuningan Jabar



Perjanjian Linggarjati. Ya, tempat bersejarah ini dulunya dijadikan sebagai tempat berunding antara Belanda & Indonesia. Suasana yang sejuk, berada di kaki gunung Ciremai, merupakan salahsatu dari beberapa tempat liburan favorit di Kuningan, Jawa Barat.



Perundingan Linggarjati atau kadang juga disebut Perundingan Linggajati adalah suatu perundingan antara Indonesia dan Belanda di Linggarjati, Jawa Barat yang menghasilkan persetujuan mengenai status kemerdekaan Indonesia. Hasil perundingan ini ditandatangani di Istana Merdeka Jakarta pada 15 November 1946 dan diratifikasi kedua negara pada 25 Maret 1947

Masuknya AFNEI yang diboncengi NICA ke Indonesia karena Jepang menetapkan status quo di Indonesia menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda, seperti contohnya Peristiwa 10 November, selain itu pemerintah Inggris menjadi penanggung jawab untuk menyelesaikan konflik politik dan militer di Asia, oleh sebab itu, Sir Archibald Clark Kerr, diplomat Inggris, mengundang Indonesia dan Belanda untuk berunding di Hooge Veluwe, namun perundingan tersebut gagal karena Indonesia meminta Belanda mengakui kedaulatannya atas Jawa, Sumatera dan Madura, namun Belanda hanya mau mengakui Indonesia atas Jawa dan Madura saja.

Hasil perundingan terdiri dari 17 pasal yang antara lain berisi:
Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera dan Madura.
Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari 1949.
Pihak Belanda dan Indonesia Sepakat membentuk negara RIS.
Dalam bentuk RIS Indonesia harus tergabung dalam Commonwealth /Persemakmuran Indonesia-Belanda dengan mahkota negeri Belanda sebagai kepala uni.

info selanjutnya mengenai sejarah perundingan linggarjati, bisa Anda klik DISINI




Lokasinya mudah dijangkau, berada diantara jalur ramai dari Cirebon ke Kuningan, tepatnya setelah Cilimus menuju Kuningan Kota. Jarak tempuh sekitar 45 menit sampai 1 jam dari Cirebon.

Di area seluas 14 Ha ini, banyak macam rekreasi yg ditawarkan, yaitu kolam renang (tentu airnya superrr dingin), sepeda air, kemudian disampingnya ada tempat untuk terapi dg Ikan, mini boat, dll.



Selain itu, terdapat villa-villa yang bisa disewa disekitar lokasi. saya kurang tahu berapa tarifnya, tapi Anda bisa langsung menanyakan ke management Linggarjati di nomer Telepon/ fax : (0232) 613188.

Bagi Anda yang masih mempunyai info tentang obyek wisata Linggarjati ini, dipersilahkan comment dibawah. mudah2an bisa bermanfaat demi kemajuan obyek wisata linggarjati.

Salah satu daya tarik tempat ini ialah keanekaragaman flora dan fauna yang terdapat didalamnya. Flora yang terdapat di kawasan ini di antaranya : Bungur (Lagerstroemia sp), Pasang (Quercus sp), Kiara (Ficus sp), Lemo (Alstonia scholaris), Jamuju (Podocarpus imbricatus) dan Kiacret (Spathodea campulata). Jenis pohon-pohon tersebut tumbuh dengan baik dan kini telah banyak yang berdiameter lebih dari 50 cm dengan tinggi bebas cabang ± 10 meter serta memiliki tajuk yang lebar, sehingga membuat suasana menjadi sejuk bagi wisatawan. Jenis fauna yang ada di taman Wisata Alam Linggarjati adalah jenis burung seperti Burung Pipit (Lonchura leucogastoides) dan Kepodang (Oriolus chinensis), jenis satwa lainnya.  


Taman Wisata Alam Linggarjati dari Bandung berjarak ± 160 Km, atau sekitar 28 Km dari kota Kuningan.

Fasilitas lain yang tersedia adalah :
• Kolam renang standar nasional
• Kolam pemancingan
• Sepeda air
• Sarana akomodasi
• Kios cinderamata
• Restoran

2 komentar

7og4nk mengatakan...

Mari mengenal Pariwisata Lombok Utara di http://7og4nk.blogspot.com

MegaMendung.Com mengatakan...

blog-nya mantap Pak 7og4nk...sukses buat Anda

Poskan Komentar

Share it

@ All Right reserved 2008. Edited By JuraganTAHU Design by usuario ^