Senin, April 30, 2012

Cara Pesan & Beli Tiket Kereta Api Secara Online via ATM Bank Mandiri

Pernah, suatu ketika, disaat mau mudik lebaran tahun 2011, saya antri tiket kereta api. Saya berangkat dari rumah pagi-pagi menuju stasiun jatinegara, dulu stasiun ini masih bisa untuk pemesanan tiket & berhenti menaikkan penumpang, kebetulan saya mau mudik ke cirebon, jadi pilihannya Argojati atau Cirex (Cirebon Express), kalau sekarang sudah tidak berhenti lagi untuk menaikkan penumpang yang akan berangkat ke Cirebon & beberapa kota lain. 

oke dilanjut yaa...saya antri sekitar 2 jam, sudah mengular antrian di depan & belakang saya...sampai suatu ketika sekitar jam 12-an, didepan saya tinggal 5 orang yang antri, tiba-tiba...mbak cantik yg jaga loket bilang...maaf bapak/ibu..tiket ke cirebon HABIS...langsung lunglay saya..udah capek antri, habis lagiii :( :( ... akhirnya, saya keluar dari antrian & langsung menuju ke Stasiun Gambir, pikir saya, mungkin masih ada kalau ngantrinya di Gambir. 

Sampai di gambir, terlihat tidak ada antrian di depan loket. Ya jelas aja, lha wong di depan loket tertulis "Tiket Argojati & Cirex HABIS"... sempat nanya2...kalau kereta lain ada gak yg ke Cirebon, si Mbak-nya bilang " ada mas, kereta ini harganya segini, dst"... ternyata harga tiket ke cirebon waktu itu sekitar 400rb. saya menggerutudalam hati, ini mah lebih mahal daripada tiket pesawat ke Bali. Tiket ke Bali, kalo lg promo kan 'cuman' 200rb lebih dikit... sedikit berhayal, coba kalau ada pesawat rute Jakarta - Cirebon  asyiikk kali yaaa hehehe....

Akhirnya saya pulang, besok saya akan langsung antri ke Gambir tapi pagi2 sekali, masa habis siih :) 

Besok paginya, saya berangkat pagi-pagi sekali, habis sahur sekitar jam 4.30 menuju stasiun gambir, sampai di stasiun, pikir saya, yang antri paling sedikit. eh ternyata yang antri sudah sampai di pintu mau masuk ke stasiun, sekitar 150-an meter lah...

Antri memang paling menjengkelkan...saya sampai bergantian dengan teman yg antri dibelakang saya, lumayan gantian jaga barang, disaat saya/dia pergi beli makanan/minuman.

Akhirnya, sekitar jam 9 pagi, barulah saya dapat tiket...alhamdulillah..penantian tak kenal lelah hanya demi tiket untuk mudik ke kampung saya di Cirebon. Karena saya sudah berjanji, diusahakan 2 hari raya (Idul Fitri & Idul Adha) mudik ke kampung halaman... hamparan tanaman padi, suara bebek & ayamnya itu loh yang ngangenin hehehe

Dari pengalaman itu, akhirnya saya berfikir, kalau begini terus, bisa berabe,makanya ketika ada teman-teman saya yang menyarankan membeli tiket Kereta Api melalui telepon saya senang, saya mau coba. setelah pada beberapa waktu yang lalu melalui posting saya mengeluhkan tidak mudahnya membeli tiket Kereta Api secara online. PT Kereta Api Indonesia menurut teman-teman yang pernah mencoba pesen lewat online menyediakan line telepon (021) 121 untuk reservasi tiket kereta. Termasuk temen kantor saya yang menyarankan untuk menghubungi nomer tersebut.

Oia, saya dapat kabar kalau pemesanan tiket bisa lewat Indomaret & Alfamaret. Pemesanan via online juga bisa dipesan H-90, artinya 3 bulan sebelumnya tiket sudah bisa dipesan. asyiiikkk kaann... 

Saya kemudian ke Alfamaret Tebet, menanyakan hal ini. Ternyata, disana hanya ada tiket kereta Argojati tujuan cirebon yang kebetulan habis. dan kereta CIREX gak ada dilist-nya. entah kenapa saya juga gak tahu...

Okelah... saya mau coba nelpon 121...akhirnya saya telpon ke 121 untuk pesan 2 tiket. Mbak CS yang suaranya empuk, menyapa haloo... saya akhirnya mengutarakan niat memesan 2 tiket Jakarta - Cirebon PP tgl 28 & 29 April 2012 kemarin.  Kepada costumer service ini saya menjelaskan rencana keberangkatan saya ke Cirebon dari Stasiun Gambir pada pagi hari. dan dari Cirebon sore hari.

Kemudian costumer service menjelaskan kereta apa saja yang akan berangkat pada pagi itu dan memberi tahu saya kursi-kursi yang masih tersedia.  Saya memilih Kereta Cirex yang akan berangkat pada pukul 09.45 dari Gambir, sedangkan dari Cirebon saya memilih Cirex tambahan jam 17.00 wib.

Costumer service officer selanjutnya menjelaskan kepada saya akan booking proses yang harus saya lalui. Costumer service memberi tahu jumlah uang yang harus saya bayarkan yaitu harga tiket kereta Cirex Executif Jakarta - Cirebon untuk 2 orang Rp 197.500,- (ditambah administrasi bank Rp 7.500,-) dan harga tiket cirex bisnis Cirebon - Jakarta untuk 2 orang Rp. 147.500,-, kemudian saya diminta nimer HP, nomer KTP & menverifikasi nama saya sesuai KTP atau identitas lainnya.
Mbak CS kemudian menyarankan saya untuk menyiapkan kertas dan alat tulis untuk memcatat kode booking dan kode pemesanan. 
Berikut kode booking JKT-CRB: 999 370 135 1407 dan kode pemesanan/reservasi: DV8JBC. 
kode booking CRB-JKT: 999 135 375 0906 dan kode pemesanan/reservasi: UCJY4A. 
Kode  booking dan kode reservasi ini hangus bila tidak dibayar dalam waktu 4 jam. Bila masih ingin pesan, kata CS tadi, harap menelepon 021 121 lagi. Tidak lupa, Mbak CS tadi memberitahukan nomer kursi & nomer gerbong kereta.

Nah, kode booking dan kode pemesanan ini berguna ketika saya harus melalui proses pembayaran tiket di ATM Bank Mandiri.
Berikut cara transfer untuk membayar tiket kereta secara online via ATM Mandiri:
Masukkan ATM, pilih menu "Pembayaran" --> Tiket Kereta Api --> Masukkan Kode Booking , kemudian bacalah nomer gerbong kereta, nomer kursi, jam pemberangkatan secara hati2, bila benar, tekan OK, jika ada yg salah, Cancel.

Proses pemesanan melalui telepon yang saya lakukan ini membutuhkan durasi panggilan sekitar 10 menit. Jadi sebelum memesan tiket kereta api melalui ponsel agar dipastikan sisa baterai dan pulsa menelepon mencukupi. Kalau mau lebih irit, silakan mencoba menelepon menggunakan telepon kabel atau fixed wireless.
Hampir kelupaan, dalam penjelasannya melalui telepon 021 121, costumer service officer menyuruh saya untuk membawa kartu identitas, fotocopy identitas dan struk pembayaran ATM pada saat penukaran tiket fisik di loket layanan PT Kereta Api di Stasiun Gambir. 

Sesampainya di Gambir, waktu itu 30 menit sebelum kereta berangkat, saya langsung ke loket & menyerahan bukti transfer dari ATM Mandiri & kemudian dituker dengan tiket Kereta Api. 

Cepat sekali. Ini Bagus, kata saya :)

Demikianlah pengalaman pertama saya memesan tiket kereta api secara online via ATM Bank Mandiri. bagaimana dengan Anda? masihkah mau antri capek2 di depan loket? 


tiket kereta api online,pemesanan tiket kereta api,tiket ka,tiket ka online,tiket kereta api,kereta api online,pemesanan tiket kereta api online,cara pesan tiket kereta api online,pesan tiket kereta api online,tiket online kereta api indonesia

Belum Ada Komentar

Share it

@ All Right reserved 2008. Edited By JuraganTAHU Design by usuario ^