Senin, Juni 15, 2009

Penggunaan QR Code

A. Periklanan

Keunggulan fitur-fitur yang dimiliki oleh QR Code membuat ini merupakan solusi tepat sebagai alat pendukung sarana Advertising. Para pemilik usaha dapat menambahkan QR Code pada media promosinya sepeti brosur, poster, spanduk, ataupun pada

kemasan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna Mobile Phone yang memiliki program QR Code Reader untuk mengakses web usahanya via internet yang terhubung ke Mobile Phone melalui GPRS / Wi Fi / 3G yang telah tertanam pada Mobile Phone. Customer dalam hal ini Pengguna Mobile Phone hanya harus mengaktifkan program QR Code Reader, mengarahkan kamera ke QR Code, kemudian QR Code reader secara otomatis akan memindai data yang tertanam pada QR Code. Bila QR Code berisikan alamat Website, maka customer bisa mengakses secara langsung website tersebut melalui mobile phone tanpa harus mengetik alamat tersebut. Tentunya hal ini mempermudah customer untuk mendapatkan informasi lebih lanjut yang ditawarkan oleh pemilik usaha, dan sekaligus pemilik usaha akan lebih dekat dengan customernya.

Teori ini sudah dipraktekkan oleh banyak pemilik usaha diluar negeri, contohnya di Jepang. Hampir sebagian pengusaha disana telah memilih QR Code sebagai alat tambahan dalam program promosi produknya, baik itu mereka yang bergerak dalam perdagangan, jasa, ataupun sekedar pengumuman. Mereka biasanya menanamkan informasi alamat website, text, nomor telepon, SMS (Short Message Sent) ke dalam QR Code yang mana ketika QR Code reader membacanya, informasi yang ada dapat secara langsung di pindai oleh QR Code reader dan siap diproses oleh customer
Perusahaan Sepatu Puma Jepang, memasang QR Code pada produk sepatu terbarunya sebagai dampak trend QR Code di jepang. Hal ini mempermudah pengguna Sepatu Puma, mengetahui informasi mengenai Sepatu Puma di Website Puma.


Di New York, USA, Contoh perusahaan yang telah menggunakan QR Code sebagai alat promosi adalah Polo Ralph Lauren, perusahaan yang bergerak dalam pembuatan/penjualan pakaian. Polo Ralph Lauren menambahkan QR Code disetiap promosinya, baik iklan di TV, maupun iklan di media massa seperti majalah. Customer Polo Ralp Lauren dapat memindai QR Code Polo Ralp Lauren yang di link kan ke alamat mobile commerce site Polo Ralp Lauren melalui mobile phone. Dan ini sangat membantu customer untuk mengetahui tentang produk-produk Polo Ralp Lauren lainnya melalui e-catalog yang ada di mobile commerce site Polo Ralp Lauren.

Selain itu juga, QR Code sebagai media promosi juga telah merambah ke dunia perfilman. Di Hollywood, salah satu rumah produksi perfilman disana menambahkan QR Code di setiap poster dalam mempromosikan filmnya. Contoh film yang menggunakannya antara lain Right: Indiana Jones dan The Kingdom of the Crystal Skull. Mereka menggunakan QR Code sebagai media bagi pengguna Mobile Phone mengakses Movie Trailersnya melalui internet.

B. Food Safety
Selain sebagai media advertising, QR Code juga bisa dimanfaatkan untuk Food Safety (keamanan Makanan). Di Jepang, super market disana telah menambahkan QR Code yang berisikan data-data tentang makanan tersebut misalnya kandungan nutrisi dan juga masa kadaluarsa di setiap label makanan sehingga, setiap customer yang ingin membeli makanan bisa mengetahui informasi-informasi tentang makanan tersebut setelah proses pemindaian QR Code melalui Camera Phone sehingga customer dapat merasa lebih aman dalam memilih makanan yang akan mereka beli.

Mc Donald Jepang juga telah menerapkan QR Code disetiap produk makanannya. Ada 19 Sandwiches telah mereka sertakan laber QR Code. Para customer dapat memindai QR Code tersebut yang kemudian di arahkan ke URL. Kemudian mereka dapat mengetahui informasi-informasi tentang sandwiches tersebut seperti informasi jumlah kalori dan nutrisi yang terkandung dalam sandwiches. Selain itu juga customer dapat mengetahui informasi alergi, sehingga customer dapat lebih hati-hati dalam memakan makanan tersebut.
C. Boarding Pass

Kini penggunaan QR Code telah merambah ke bandara. Continental Airlines salah satunya yang menerapkan QR Code yang tertanam pada tiket sebagai media alat untuk efisiensi waktu dalam proses pencarian informasi penumpang. QR Code dapat melakukan pemindahan dan pengkodean informasi dengan cepat sehingga penumpang tidak harus menunggu lama untuk sekedar boarding pass pada saat check in. Selain QR Code pada tiket, Continental Airlines juga menerapkan QR Code pada tiket Online-nya sehingga ketika boarding pass, penumpang hanya menunjukkan QR Code tiket online-nya melalui PDA atau mobile Phone, kemudian petugas yang menangani boarding pass melakukan pemindaian. Hal ini tentunya sangat menguntungkan, baik bagi maskapai ataupun penumpang. Maskapai akan di untungkan karena anggaran kertas tiker dapat dipangkas dan bagi penumpang, mereka dapat lebih cepat naik pesawat ketika boarding pass tanpa harus menunggu lama.
Hal ini juga telah diterapkan oleh ANA (All Nippon Airways), jepang. Saat mau check in, penumpang di berikan 2 pilihan melalui QR Code pada mobile phone atau boarding pass(Tiket Masuk Pesawat) dengan QR Code. QR Code pada mobile phone ataupun dalam kertas dapat digunakan untuk mengakses masuk area keberangkatan, sampai masuk pesawat, dan penempatan tempat duduk dengan lebih cepat karena proses pengkodean informasi yang begitu efisien.
D. Medical Application
QR Code kini juga digunakan dalam dunia kedokteran. Di Jepang, banyak Rumah Sakit telah menggunakan QR Code untuk menangani data-data pasiennya. Dengan adanya penerapan QR Code pada kartu keanggotan setiap pasien, dokter dapat lebih mudah mengetahui sejarah kesehatan si pasien dan mengambil tindakan yang tepat, dengan hanya memindai QR Code tersebut yang kemudian langsung tersambung ke Database si pasien. Hal ini sudah tentu akan menghemat waktu karena proses input dan output data cepat sehingga pasien tidak harus menunggu lama hanya untuk menunggu petugas rumah sakit mencari data-data kesehatan mereka dan sang dokter dapat lebih cepat bertindak. Dan juga keuntungan Rumah Sakit juga semakin bertambah karena pengadaan kertas untuk data-data pasien dapat di minimalisir.
E. Pemanfaatan QR Code Lainnya
· Bus Stop
Di Jepang, QR Code bisa ditemukan di berbagai Rute Utama Bis Stop tokyo (Halte) yang mana ini membuat para calon penumpang mengetahui posisi bis yang mereka tunggu. Jika bis ternyata terlambat, mereka dapat dengan mudah mencari informasi kenapa hal itu terjadi. QR Code memberikan hayperlink kepada mereka ke camera CCTV di setiap jalan melalui koneksi internet mobile phone / PDA yang cepat (3G/4G) sehingga dengan adanya hal itu, calon penumpang dapat menentukkan alternatif lain tanpa harus menunggu lama bis datang ataupun mereka dapat melakukan aktivitas lain.
· Gravetones (Batu Nisan)
Sedikit ekstrim, tapi di jepang, QR Code juga digunakan di batu nisan kuburan sebagai penyimpan informasi jasad yang dikubur disana misalnya nama dan tanggal lahir/tanggal wafat. Jadi si peziarah hanya perlu memindai QR Code tersebut untuk mendapatkan informasi kuburan tersebut.
· Proses Belajar Mengajar
Memasang QR Code pada kartu pelajar akan mempermudah guru untuk melakukan proses absensi siswa. Ketika masuk kelas, siswa hanya perlu menunjukkan QR Code ke pemindai yang selanjutnya pemindai akan memprosesnya dan menyimpan data ke Database. Selain itu juga, dengan QR Code pada kartu pelajar yang memberikan akses ke URL, siswa, guru, dan orang tua dapat dengan lebih mudah untuk mengetahui semua informasi-informasi proses belajar mengajar misalnya informasi nilai, biodata, iuran sekolah, pelajaran apa saja yang diambil siswa, program sekolah apa saja yang mereka ikut, pengumuman sekolah dan juga persentasi keaktifan siswa disetiap pelajaran.


http://www.japanmarketingnews.com

Belum Ada Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
@ All Right reserved 2008. Edited By JuraganTAHU Design by usuario ^