Kamis, Mei 07, 2009

Kartu KREDO

Ketika kuliah di IPB dulu saya sering makan di warteg (warung tegal). Selain murah, saya memang jatuh hati dengan berbagai menu yang disajikan. Salah satu favorit saya adalah teh “nasgitel” (panas, legi, kentel – panas, manis, kental). Nah, bila Anda penggemar teh “nasgitel” seperti saya, pasti Anda tahu bahwa di bagian bawah gelas itu warnanya berbeda. Tampak kotor tapi susah dibersihkan. Kotoran itu telah menjadi “kerak” dan menyatu dengan gelas. Untuk membersihkannya memerlukan energi ekstra. Sahabat saya tak mau meminum dengan gelas yang dia anggap sangat kotor.
Kalau boleh saya ibaratkan, “kerak” di gelas itu adalah kebiasaan yang telah mendarah daging dan menyatu dengan Anda. Kalau kebiasaan itu sesuatu yang positif, Anda harus bersyukur. Mengapa? Karena kebiasaan positif itu telah menyatu dengan Anda. Namun, bila kebiasaan itu sesuatu yang negatif maka Anda harus bekerja ekstra keras. Tidak cukup hanya dibersihkan satu atau dua kali saja. Anda perlu mencuci berulang-ulang secara konsisten agar ”kotoran” dalam diri Anda itu hilang..Bagaimana caranya? Saran saya buatlah KARTU KREDO. Di dalam kartu ini Anda tuliskan ”kotoran” atau kebiasaan buruk yang akan Anda hilangkan. Contohnya, bagi Anda yang kata-katanya sering menyakiti orang lain maka di dalam kartu itu di tulis; ”saya marah apabila ada orang yang kata-katanya menyakiti saya. Oleh karena itu, mulai hari ini saya pastikan kata-kata yang keluar dari mulut saya adalah kata-kata yang baik. Apabila saya tidak bisa berkata baik maka lebih baik saya diam. Menyakiti orang lain adalah sesuatu yang saya hindari” Atau silahkan pilih kata-kata lain yang cocok buat Anda.Di dalam KARTU KREDO boleh ditulis beberapa ”kotoran” yang benar-benar akan Anda buang. Saran saya paling banyak tiga saja. Misalnya, selama ini Anda terlalu egois dan kurang perhatian dengan anak-anak Anda, maka di dalam KARTU KREDO Anda tulis, ”anak-anak saya adalah investasi masa depan maka akan saya jaga dan pelihara dengan sepenuh jiwa dan raga, setiap pagi saya cium mereka dan sebelum tidur saya akan mendongeng kepada mereka. Saya akan panggil mereka dengan sebutan-sebutan yang menggairahkan ”anakku hebat, anakku cerdas, anakku lincah, anakku penuh semangat dan anakku sholeh ” KARTU KREDO ini Anda bawa kemanapun Anda pergi. Sebelum Anda meninggalkan rumah untuk beraktifitas, bacalah KARTU KREDO itu. Sesekali di dalam kendaraan Anda baca lagi KARTU KREDO itu resapi maknanya dan berkomitmenlah untuk melaksanakannya. Pastikanlah, sebelum Anda sibuk beraktifitas hari ini Anda sudah membaca dan memahami KARTU KREDO yang telah Anda tulis.Lakukanlah untuk satu KARTU KREDO itu minimal selama satu bulan. Jangan terburu-buru membuat KARTU KREDO yang baru sebelum Anda benar-benar yakin sudah menjalankan KARTU KREDO yang telah Anda buat. Membersihkan ”kotoran” yang telah menjadi ”kerak” itu memang lama. Tapi yakinlah bila Anda lakukan setiap hari ”kerak” itu akan hilang. Apabila Anda konsisten melakukan hal ini maka diri Anda semakin bersih dan memancarkan energi positif untuk orang-orang di sekeliling Anda. Orang tak akan ragu mendekat kepada Anda. Sebagaimana gelas yang bening dan bersih akan menambah nikmatnya teh ”nasgitel” yang membuat siapapun tak akan ragu meminumnya, termasuk sahabat saya tentunya. Selamat membuat KARTU KREDO. Salam SuksesMulia. by Jamil Azzaini

Belum Ada Komentar

Arsip Blog

@ All Right reserved 2008. Edited By JuraganTAHU Design by usuario ^