Rabu, Agustus 12, 2009

The Big 5 : Lima Rahasia Besar Bisnis untuk UKM

Alhamdulillah hari minggu lalu bisa ikutan acara Talk show: The Big 5 Lima Rahasia Besar Bisnis untuk UKM, yang diadain Trijaya Fm, dalam rangka ulang tahunnya yang ke 5. Pembicaranya Bapak Fauzi Rachmanto, Founder SDGI & Komunitas Tangan di Atas.

Pergi sendirian sebenernya gak asik, tapi demi untuk belajar dan nambah kenalan, dijalanin juga. Begitu dateng, langsung makan malem parasmanan. Makanan yang disajiin Café Rumah 1930 lumayan enak dan Alhamdulillah malem itu bisa makan banyak. Suasananya juga enak, karena sambil makan bisa denger musik akustik. Penyanyinya sempet ngajak undangan yang hadir buat nyanyi bareng, suasana semakin terlihat akrab. Jam 19. 15 baru deh acara Talk shownya dimulai.

Presentasi Pak Fauzi cukup menarik dan ‚to the point‘, mungkin karena waktu yang terbatas dan juga karena sebagian materi sudah disampaikan sebelumnya di Radio Trijaya. Agak terkesan terlalu cepat tapi masih dapat diikuti dan dimengerti.

Ini ada sedikit oleh-oleh dari acara Talk show tadi malem, mudah-mudahan bisa bermanfaat.

The Big 5:

1. Mimpi besar

Usaha boleh kecil tapi mimpi harus besar. Mimpi besar ini bisa dijadikan motivasi untuk kita dalam menjalankan bisnis.

2. Menciptakan ceruk pasar

Sebaiknya fokus di satu area, sehingga kita bisa menciptakan sesuatu yang unik. Juga harus senantiasa berinovasi terus menerus sehingga memberikan nilai tambah.

=========================
IKLAN---IKLAN---IKLAN---

Para penggemar TAHU GEZROT dimanapun Anda berada...

Beta Consulting ( Bengkeldata.com ) merupakan sebuah lembaga konsultasi untuk membantu perusahaan/perorangan dalam melakukan analisa data statistika, olah data penelitian , riset pasar dan konsultasi manajemen.

LAYANAN

1. Olah Data Statistika/ Penelitian
2. Training Statistika
3. Riset Pasar
4. Management Consultancy

Hubungi:
Beta Consulting ( Bengkeldata.com )
Telp: (021) 71088944
emaiL : info@bengkeldata.com

=======================================

3. Menciptakan keteraturan

Konsistensi sangat penting dalam menjalankan bisnis, baik konsistensi pada diri kita dan karyawan (waktu dan produktivitas) juga pada produk yang kita buat (misal, harga dan rasa)

Selain itu, untuk menciptakan keteraturan harus dibuat sistem yang baik, mulai dari visi, misi, struktur organisasi, job-des, target dll.

4. Membangun tim

Ini sangat penting, karena dalam bisnis tidak bisa One man show. Ada 5 prinsip membangun tim yang baik: menghargai karyawan, melihat potensi karyawan (bukan kekurangan), memimpin dengan otoritas (memberi contoh) bukan dengan kekuasaan, mencintai dan membagi mimpi (buat karyawan jadi bagian mimpi kita).

5. Menggunakan pengungkit

Memanfaatkan yang ada yang dapat memajukan bisnis kita. Ada 3 hal yang bisa dioptimalkan: memanfaatkan hutang, memanfaatkan komunitas dan memanfaatkan teknologi.

Sampai sekarang kami berdua (Saya dan suami) masih berusaha belajar kelima poin di atas – dan susaaaah . Tapi Insya Allah suatu hari kami bisa mengaplikasikannya dengan baik . Ada yang mau ikut belajar bareng kami? (Kanty)

Belum Ada Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Arsip Blog

@ All Right reserved 2008. Edited By JuraganTAHU Design by usuario ^