Minggu, November 09, 2008

Tips Menulis Surat Lamaran

Sebagai seorang JURAGAN TAHU, yang notabene udah punya banyak Gerobak TAHU Gezrot dan atas permintaan beberapa temen, berikut saya akan memberi tips dan trik bagaimana proses seseorang mencari dan mendapatkan pekerjaan. Pada saat ditulis, saat ini sedang hangat-hangatnya banyak orang mendaftar & ikut tes CPNS. Siapa tahu beberapa tulisan ini akan dapat membantu, walaupun saya sendiri bukan PNS, saya ’hanya’ seorang JURAGAN TAHU GEZROT hehehe...

Tips & trik meliputi: bagaimana menulis surat lamaran kerja, membuat CV, menghadapi tes (Psikotest, TPA, dll), bagaimana menghadapi wawancara, dll.
Oke, kita mulai aja...


Menurut Dr.Rheinald Kasali, kebanyakan dari kita tidak punya dasar pengetahuan dalam menulis surat lamaran dan jadinya malah surat lamaran ‘asal jadi’.Padahal di Amerika, malah ada orang-orang yang pekerjaannya khusus membuat surat lamaran!Kenapa begitu?Soalnya, surat lamaran itu vital.Dari situlah dapat terbaca seberapa besar minat kita terhadap pekerjaan yang kita lamar. Dan seberapa kompeten kualitas diri kita untuk menduduki posisi tersebut. Surat lamaran sebaiknya:

1. Impresif. Tidak terlalu menyombongkan diri, dan tidak terlalu merendahkan diri.
Menarik minat calon atasan.Begitu dibaca, orang langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah anda

2. Menyebutkan kualifikasi yang diraih
Mengunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas, jelas, dan padat.Hindari pengulangan kalimat tanpa penjelasan, penggunaan kalimat tidak efektif, ejaan yang salah, maupun pengunaan tata bahasa yang buruk.(bila perlu, beli buku yang berisi contoh-contoh surat lamaran) Hindari mengunakan bahasa Inggris(jika tidak diminta)apabila anda merasa bahwa kemampuan bahasa Inggris anda kurang baik.Daripada ketahuan salahnya, lebih baik gunakan bahasa Indonesia saja.

3. Cantumkan tujuan dan alas an anda melamar
Jangan sampai surat lamaran anda memberikan kesan kotor, seadanya.gunakan kertas yang bagus, bersih dan rapi, tidak usut, tebal, tidak mudah robek.Hindari tipp-ex.Tinta juga jangan terlalu tipis supaya mudah dibaca.
Menggunakan komputer.Memang ada beberapa perusahan yang meminta agar surat lamaran ditulis dengan tangan.Tetapi jika tidak diminta,lebih baik jika anda mengunakan komputer.Gunkakan pula printer inkjet atau laser.(jangan pulamemakai printer dot matrix). Dengan demikian anda tidak terlihat buta teknologi.



Source : Recruitment Rizki AAP, Arif Budiman's Weblog

Belum Ada Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Arsip Blog

@ All Right reserved 2008. Edited By JuraganTAHU Design by usuario ^