Kamis, Juli 29, 2010

Asal Usul Lagu Keong Racun

Subur Tahroni alias Buy Akur menciptakan lagu keong racun terinspirasi temannya yang playboy.

Shinta dan Jojo tiba-tiba dikenal banyak orang. Padahal mereka cuma iseng memasukkan video lips sync Keong Racun di Youtube.

Di cover majalah Hai, halaman depan tertulis mereka ini adalah “Artis Indonesia Terpanas di Youtube”, Weitsss…keong racun uedannn tenan!

VIVAnews -Keong Racun tiba-tiba menyelip lalu menggelegar di jagat hiburan tanah air. Lagu yang syarat dengan sindiran dan syair nakal ini jadi pembicaraan orang ramai di dunia maya. Sejumlah stasiun radio bahkan berulang kali memutar lagu itu.
Keong Racun bahkan sempat menempati posisi nomor satu trending topics di Twitter. Lagu yang meluncur dari Bandung itu bergantian di posisi puncak dengan Tony Hayward, yang mengundurkan diri dari perusahaan minyak British Petroleoum.
Jika Tony Hayward turun dari posisi puncak meninggalkan kemewahan dan gaji selangit, Keong Racun di jalur berlawanan, mendaki ke puncak dari ruang tamu sebuah rumah kecil di gang sempit kota Bandung, Jawa Barat.
Lagu yang dinyanyikan secara lipsync oleh dua wanita muda, Shinta dan Jojo diciptakan oleh Subur Tahroni. Subur seorang pencipta lagu, berusia 49 tahun dan menetap di rumah sempit 5x6 di kota Bandung itu.
Rumah Buy, begitu Subur akrab disapa, terletak di Gang Siti Mariah Nomor 305, RT 10 RW 01, Kelurahan Jamika, Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung. Di rumah kecil itu, dia tinggal bersama istri dan keempat anaknya.
Di rumah sempit itulah lagu Keong Racun tercipta. Anak Buy, Bayu Eka Prasetya mengisahkan bahwa ayahnya menciptakan lagu Keong Racun di ruang tamu kecil itu.

"Bapak kalau menciptakan lagu selalu di ruang tamu hanya dengan menggunakan gitar," ungkap Bayu saat ditemui di Bandung, Kamis 29 Juli 2010.
Saat VIVAnews bertandang ke rumah itu, Buy sedang tidak ada di rumah. Sudah dua hari Buy tidak pulang. Menurut Bayu, ayahnya hanya bilang ingin menenangkan diri dahulu ke luar kota. "Mungkin sedang mencari inspirasi," ungkapnya.

Menurut Bayu, sang ayah menciptakan lagu Keong Racun pada 2008 lalu karena terinspirasi oleh temannya yang suka gonta-ganti perempuan. Lagu itu digubah dalam sehari.

"Saya tanya ke Bapak soal lagu ini, kata Bapak lagu ini cerita tentang temannya yang suka main cewek, playboy," ungkap Bayu seraya menuturkan ayahnya makin dikenal masyarakat sejak lagu Keong Racun terkenal di mana-mana.

Bayu beserta ibunya Yeti Wartini (49) mengaku senang lagu ciptaan Buy bisa terkenal di seluruh Indonesia karena di-lipsync oleh Shinta dan Jojo. Menurut Bayu, ayahnya yang seniman tidak mempermasalahkan lagu Keong Racun dinyanyikan oleh orang lain.

Selain Keong Racun, Buy telah menciptakan ratusan lagu dari berbagai genre seperti rock, pop, dan dangdut. Beberapa lagu Buy Akur yang terkenal antara lain 'Pacar Lima Langkah' dan 'Sedang-sedang Saja' yang dinyanyikan Vetty Vera.

Sedangkan untuk Keong Racun, Bayu menceritakan bahwa Lisa, penyanyi yang pertama kali mendendangkan lagu ini beserta Charlie (ST12) pernah datang ke rumahnya untuk membeli hak cipta lagu Keong Racun. Namun baik Bayu maupun Yeti tidak mengetahui berapa harga lagu ciptaan Buy.

"Sudah profesinya bapak untuk menciptakan lagu, saya tidak tahu harga satu lagu berapa," kata dia.

Inilah syair Keong Racun yang populer itu:

Dasar kau keong racun
Baru kenal eh ngajak tidur
Ngomong nggak sopan santun
Kau anggap aku ayam kampung
Kau rayu diriku
Kau goda diriku
Kau colek diriku
Eh ku takut sekali
tanpa basa basi kau ngajak happy happy
Eh kau tak tahu malu
Tanpa basa basi kau ngajak happy happy

Mulut kumat kemot
Matanya melotot
Lihat body semok
Pikiranmu jorok
Mentang-mentang kau kaya
Aku dianggap jablay
Dasar koboy kucai
Ngajak check-in dan santai
Sorry sorry sorry jack
Jangan remehkan aku
Sorry sorry sorry bang
Ku bukan cewek murahan

Belum Ada Komentar

Arsip Blog

@ All Right reserved 2008. Edited By JuraganTAHU Design by usuario ^