Jumat, Maret 19, 2010

10 Poin Penting untuk meningkatkan Kredibilitas Toko Online Anda

Sampai saat ini masih saja saya mendengar beberapa kerabat, teman dan tetangga yang meragukan transaksi bisnis di internet khususnya jualan produk fisik seperti baju, kaos, mainan dan lain-lain. Kekhawatiran mereka terutama khususnya soal pembayaran, apakah ini bisa dipegang dan dapat dipercaya? Jangan – jangan kalau sudah ditransfer lalu menghilang tanpa kabar. Ok lah kalau Cuma seratus atau dua ratis ribu tapi kalau lebih dari itu, misalnya Rp. 1 Juta ke atas, apa jaminannya. Keraguan lainnya pada umumnya adalah kualitas produk yang dikirim, apakah sesuai dengan spesifikasi dan gambar yang ditampilkan atau tidak? Dan masih banyak lagi yang membuat calon para pengunjung mengurungkan niatnya atau mempertimbangkan lebih ribet untuk tertarik membeli produk yang anda tawarkan di toko online.

Ini dia sharing pengalaman ketika saya membangun bisnis toko online, cari–cari info, tanya sana-sini bagaimana mengatasi keraguan calon pengunjung untuk membeli produk atau jasa Anda?

Ada sejumlah cara yang bisa anda pertimbangkan dalam hal meningkatkan kepercayaan pengunjung untuk diimplementasikan ketika memulai atau menjalankan bisnis online. (silahkan tambahkan jika anda ada ide atau pengalaman menarik yang berkaitan)

1. Domain yang jelas
Nama domain sudah pasti menjadi poin penting bagi para pebisnis online, namun yang patut diperhatikan adalah apakah menggunakan domain dan hosting gratisan atau berbayar. Jika ada anda serius menjalankan usaha bisnis online atau toko online disarankan untuk memiliki yang berbayar. Dan mengisi biodata yang jelas, benar dan valid ketika mengisi registrasi nama domain. Agar calon pembeli anda mudah untuk memeriksa validitas nama doman dan usaha anda.

2. Personal Blog dengan nama domain pribadi
Blog dan Website ( Toko Online ) anda harus saling menunjang. Jadi bagi yang memiliki toko online, eksistensi blog kudu di tampilkan. Buatlah Blog Pribadi anda untuk menunjang bisnis anda. Isi dengan jujur, valid dan benar mengenai siapa anda di menu “profil anda atau tentang kami” Jangan lupa menaruh photo-photo bisnis dan photo anda sendiri. Usahakan gunakan nama domain pribadi untuk blog anda, misalnya www.namaanda.com. Namun harus punya komitmen yang kuat untuk terus meng”update” artikel yang akan dimuat pada blog pribadi. Tulislah hal-hal yang bermanfaat bagi pengunjung blog dan kisah sepak terjang membangun bisnis toko online anda. Hal ini akan menambah kredibilitas toko online anda.

3. Testimoni

Apa kata orang yang sudah pernah melakukan transaksi bisnis dengan anda sangat mempengaruhi calon pengunjung toko online anda. Mereka mencari tahu seperti apa layanan kita, apakah bermasalah, lambat atau cepat, kualitas produk dll.
Kita sebagai pemilik bisnis toko online memberikan ruang atau halaman bagi para pelanggan yang sudah pernah membeli dengan kita untuk memberikan testimoninya, kita yang berusaha memintanya. Usahakan tampilkan juga photo pelanggan, identitas singkat bagi yang memberikan testimoni termasuk mencantumkan no telepon.Siapa tahu calon pembeli anda mengorek informasi kepada pelanggan kita sebelumnya.

4. Foto Diri Anda
Ini kesempatan bagus untuk “mejeng”, hehehe., namun tips ini menambah keyakinan orang ketika ingin bertransaksi dengan anda. Jangan “ngumpet”, tunjukkan siapa diri anda. Tampilkan photo terbaik anda. Kadang-kadang calon pengunjung ingin tahu dengan siapa mereka bertransaksi, maklumlah kalau di bisnis online, kesempatan untuk bisa menipu itu terbuka luas. Pria bisa mengaku wanita demikian sebaliknya.

5. Mencamtumkan nomor HP. (CDMA dan GSM ) atau Telepon rumah
Memberikan beberapa nomor HP. (CDMA dan GSM ) atau telepon rumah yang mudah di hubungi itu penting sekali. Minimal sediakan 2 nomor telepon yaitu CDMA dan GSM.

Menurut saya kalau CDMA lebih mengundang orang untuk mencoba menghubungi toko online anda, karena biaya pulsa relatif murah ketimbang GSM.

Dan ini yang paling penting, jangan lambat untuk membalas SMS calon pembeli anda dan lama diangkat teleponnya. Anda harus cepat membalas setiap pertanyaan dan permintaan via telepon maupun sms. Jika lama sangat fatal, keraguannya makin tinggi nanti.

Jika anda mau dan bersedia, telepon rumah anda di cantumkan juga (PSTN), atau pasang no telpon lokal baru. Karena cdma dan gsm mudah untuk tidak diaktifkan. Nah, telepon lokal pasti tersambung tidak ada istilah non aktif atau diluar service area.

6. Gunakan Alamat Anda dengan benar dan jelas
Tampilkan alamat toko online anda dengan jelas dan benar. Ternyata ada juga loh beberapa pengunjung yang curiga dengan kita, lalu ingin mengecek langsung datang ke toko kita tanpa konfirmasi.Tujuannya hanya memastikan bahwa Toko Online kita ini sungguh-sungguh benar ada bukan fiktifAtau bisa juga kita tawarkan untuk datang ambil sendiri produknya jika mereka mau,asal kita memang menyediakan stoknya di tempat anda

7. Buat Account Facebook detik ini juga
Hari gini gak punya fesybuk kemana aja bro hehehehe. Pengguna facebook, denger-denger tertinggi di dunia, masa sih.

Namun yang paling penting user di indonesia selain sering membuka google tapi juga paling sering update status facebooknya. Mindset facebook bukanlah tempat khusus untuk berjualan, facebook adalah situs pertemanan. Tapi… setelah anda membangun banyak pertemanan dan aktif memberikan komentar, ucapan dan sebagainya, perlahan-lahan anda membangun kepercayaan di mata mereka, silahkan deh tuh jualan, tawarkan produk dan jasa anda. Viral marketing berlaku disini. Ingat anda tetap menaruh link atau tautan alamat domain url website dan toko online anda di facebook.

8. Sediakan ruang untuk berkomunikasi langsung
Bisa Via chatting (Misalnya Yahoo Messenger chatt atau Shout Box dll )
Usahakan untuk selalu aktif dan online saat jam2 kantor dan selalu cepat membalasnya.

9. Pastikan selalu memberikan informasi pengiriman jika sudah melakukan proses pengiriman
Ini biasanya yang luput dari perhatian kita sebagai pemilik toko online. Mungkin karena sudah menerima semuanya pembayaran jadi males deh tuh follow up berikutnya. Jika memungkinkan Slip bukti pengirimannya di scanner dan kirim via email ( attachment ) atau SMs nomor billing nya.

10. Foto kopi ID Card ( KTP ) dan NPWP
Strategi ini pernah di alami salah satu pemilik toko online yaitu tasya souvenir. Karena memberikan 2 data tersebut beliau mendapat order yang luar biasa.

Belum Ada Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Arsip Blog

@ All Right reserved 2008. Edited By JuraganTAHU Design by usuario ^