Akhir-akhir ini istilah tentang Toko Online semakin menggaung di tanah air kita. Dimana para penjual (Distributor/Reseller) bisa menjajakan produk-produknya baik berupa barang maupun jasa kepada calon pembeli melalui media internet. Hal ini tidak terlepas dari semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia, sehingga tidak sedikit dari kita yang mulai paham tentang penggunaan media internet tersebut termasuk transaksi jual beli.
Bagi seorang pebisnis / wirausahawan / entrepreneur seharusnya dapat mengambil peluang ini untuk meningkatkan volume penjualannya. “Try It or Lose It”. Begitulah ungkapan yang dapat saya gambarkan yang kurang lebih dalam terjemahan Bahasa Indonesia adalah “Coba Ini atau Kehilangan Ini”. Sehingga kita tidak hanya berjualan didunia nyata, tetapi juga dapat menawarkan produk kita di Dunia Online (dunia maya). Ayo jangan sampai kita ketinggalan dengan yang lain !
Apa saja sebenarnya keuntungan-keuntungan yang dapat kita peroleh jika kita memiliki Toko Online ? Disini saya akan sharing tentang 3 (tiga) alasan pokok kita harus buka Toko Online sekarang juga sehingga kita memperoleh keuntungannya :
1. Cost Minimize
Barangkali ada diantara kita yang pernah menyewa sebuah ruko untuk jualan dagangannya, memasang iklan di media cetak/media elektronik, atau merekrut beberapa karyawan ? Berapa besar biaya yang kita keluarkan tiap bulan atau tiap tahunnya ? Jangan berputus asa ! solusi nyatanya adalah Buat Toko Online ! Kok bisa ?
Rekan-rekan sekalian, dengan kita memiliki Toko Online maka kita bisa memangkas biaya-biaya seperti biaya sewa ruko, biaya promosi, biaya operasional, dan lainnya. Berikut simulasinya :
Tabel 1
*Tabel ini hanya untuk keperluan simulasi sederhana dan harga bisa berbeda tergantung lokasi, provider domain dan hosting, media promosi, dan faktor-faktor lainnya.
Keterangan :
- Sewa ruko biasanya dilakukan ketika kita berdagang langsung didunia nyata dengan menawarkan produk-produk kita langsung kepada para calon pelanggan. Harga sewa yang paling murah yang saya ketahui adalah sekitar 5 jutaan per tahun dan bahkan ada yang mahal sampai 20 jutaan per tahun dan mungkin ada yang lebih mahal dari harga tersebut (tergantung lokasi). Namun jika kita masih awal-awal dalam berbisnis dan belum ada modal uang yang memadai, maka hal ini bisa kita substitusi (kita ganti) dengan membuat Toko Online serta menyewa domain dan hosting yang harganya sekitar 200 ribu – 500 ribu per tahun (tergantung jenis domain dan kapasitas hosting).
- Dalam memperluas pangsa pasar biasanya kita coba mempromosikan usaha kita, baik di media cetak (koran, tabloid, majalah, dan sejenisanya) maupun di media elektonik (radio dan televisi). Sebenarnya kita bisa mempromosikan usaha kita melalui internet baik yang Free maupun yang Commercial. Untuk yang gratis kita bisa menggunakan Social Media (Facebook dan Twitter), Optimasi Search Engine (Google dan Yahoo), Blog Walking, dan sebagainya.
Setelah beberapa hari yang lalu saya memaparkan alasan pertama mengapa kita harus punya Toko Online, yakni untuk Cost Minimize. Nah, berikutnya adalah akan saya paparkan alasan-alasan lainnya (2 alasan) mengapa kita harus punya Toko Online sekarang juga. Berikut uraiannya :
2. Time Efficiency
Coba kita bayangkan jika kita hanya memiliki Toko Offline (Ruko dan sejenisnya). Pada umumnya buka pada jam 08.00 dan tutup pada jam 21.00, artinya kita tidak buka 24 jam dan walaupun buka 24 jam maka akan menambah biaya lagi (biaya listrik, biaya karyawan lembur, dan biaya-biaya lainnya).
Lainnya halnya dengan kita memiliki juga sebuah Web Toko Online (eCommerce) yang hanya investasi Domain dan Hosting, tetapi kita bisa tetap buka sepanjang waktu (online 24 jam di internet) dan kita tinggal menunggu pesanan dari SMS, telepon, email, ataupun chatting. Itulah kelebihan Toko Online yang bisa meminimasi waktu karena kita tidak harus menunggu 24 jam sedangkan produk-produk kita bisa di pajang 7 hari x 24 jam Non Stop.
3. Around The World
Mengapa saya katakan “Around The World” (di seluruh dunia) ? Ya, karena salah satu kelebihan teknologi internet adalah tidak mengenal jarak. Jadi, orang-orang yang ada di luar Indonesia bisa mengakses informasi yang ada di Web Toko Online kita. Sebagai contoh, ada sebuah web site yang menyediakan eLearning Kursus Toko Online di web tersebut di buat oleh sebuah lembaga pelatihan di Indonesia (Jakarta), tetapi sudah memiliki siswa dari Luar Jakarta (Padang, Cirebon, Bali, dan sebagainya) dan bahkan Luar Negeri.
Dan ada juga sebuah perusahaan yang bergerak di bidang PLC juga telah mendapatkan order dari Australia di atas puluhan juta (jumlah pastinya kami sembunyikan karena alasan privasi perusahaan).
Nah itulah internet, selain tidak mengenal waktu, juga tidak mengenal jarak. Karenanya apapun produk kita yang memiliki nilai jual dapat kita promosikan dan kita pasarkan sampai ke seluruh dunia. Let’s Go Online !
Silahkan tambahkan di kolom komentar dibawah ini jika ada alasan lainnya dari rekan-rekan sekalian selain dari 3 point di atas.
Jumat, Maret 19, 2010
3 Alasan Penting Mengapa Kita Harus Punya Toko Online Sekarang Juga !
Ditulis oleh
opan
Label: Soft Marketing, Strartegi Taktik, TIPS, Toko Online
technorati: Soft Marketing, Strartegi Taktik, TIPS, Toko Online
Label: Soft Marketing, Strartegi Taktik, TIPS, Toko Online
technorati: Soft Marketing, Strartegi Taktik, TIPS, Toko Online
Gostou deste artigo? Deixe um comentário ou assine nosso Feed.
Artikel Lain
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Arsip Blog
-
▼
2010
(128)
-
▼
Maret
(19)
- Info Lowongan Bank Syariah Bukopin
- Info Lowongan Kerja di Pertamina
- Info Lowongan Kerja di Garuda Indonesia
- Olah Data Statistik : Teknik Penulisan Instrumen P...
- Info Lowongan Kerja Calon Petugas Kesehatan Haji 2010
- Tahun 2010, Bukan Hanya Fokus SEO, Tapi Juga CRO
- 5 Tugas Utama Marketing Toko Online yang bisa Anda...
- 3 Langkah yg terabaikan untuk merubah pengunjung m...
- Apakah Toko Online anda selama ini hanya sekedar m...
- Cara Mudah dan Murah Membangun Toko Online
- 10 Poin Penting untuk meningkatkan Kredibilitas To...
- 5 Kesalahan Fatal Dalam Optimasi Keyword Dan Keyph...
- 7 Jurus Cara Meningkatkan Traffic Ke Toko Online Anda
- 3 Alasan Penting Mengapa Kita Harus Punya Toko Onl...
- Toko Online versus Toko Offline
- Tips Toko Online : 4 Manajemen Dasar Toko Online
- Apa Sih Toko Online?
- Tips Toko Online : Nikmatnya Membangun Bisnis Toko...
- Taktik Selling “Seolah-olah” mempercepat closing s...
-
▼
Maret
(19)
Label
- LOWONGAN KERJA
- TIPS
- Analisa Data Statistik
- Olah Data Statistik
- Info CPNS
- MOTIVASI
- Statistik
- Info Beasiswa
- Lucu-LUCU
- Soft Marketing
- CIREBON heritage
- Strartegi Taktik
- Batik Cirebon
- Grosir Batik Murah
- Tips: CARI KERJA
- Analisis Data Statistik
- TIPS: Buah Obat
- Toko Online
- olahdata
- olah data
- olahdata statistik
- TIPS: Tanaman Obat
- TIPS: Sayuran Obat
- MISC
- Kuliner
- Bisnis Corner
- Free Software
- RajaKerupuk Udang
- Tipe Kepribadian
- konsultan riset pasar
- konsultan statistik
- Marketing
- Social Media
- Wisata Kuningan Jawa Barat
- Data Bank di Cirebon
- GRATIS PASANG BANNER DAN LINK BLOG
- Gaji PNS
- Kuningan Jabar
- Manajemen Risiko
- Pemasaran
- TOP MARKOTOP AWARD
- Uji Parametrik
- Wisata Cirebon
- keong racun
- tesis
- Adaro
- Alamat Bank Mandiri Syariah
- Alamat Kantor BRI
- BRI Syariah
- BUKBER 2010
- Bank Panin
- Consumer 3000
- Curriculum Vitae
- Data Bank
- Etnografi
- FGD
- Gempa Bumi
- IKLAN MURAH
- Korelasi
- Olimpiade Sains
- Paypal
- Piala Dunia 2010
- Regresi Logistik
- STAN
- Sepakbola
- Uji Non Parametrik
- Unlock Modem
- amos
- asuransi
- bank mandiri
- cara pesan tiket kereta api online
- data panel
- deduktif
- disertasi
- faktor
- focus group discussion
- freeport
- induktif
- inflasi
- jasa olahdata murah
- komunitas
- kredibilitas
- kualitatif
- kuantitatif
- lisrel
- loker
- mei 1998
- metode penelitian
- olahdata skripsi
- olahdata spss
- penelitian kualitatif
- penelitian kuantitatif
- polsek Indramayu
- realibilitas
- serikat pekerja
- sfbatavia
- sfcirebon
- skripsi
- spss
- srudukfollow
- tips menulis skripsi
- tips menulis tesis
- uji MWD
- validitas
Belum Ada Komentar