Jumat, Maret 19, 2010

3 Alasan Penting Mengapa Kita Harus Punya Toko Online Sekarang Juga !

Akhir-akhir ini istilah tentang Toko Online semakin menggaung di tanah air kita. Dimana para penjual (Distributor/Reseller) bisa menjajakan produk-produknya baik berupa barang maupun jasa kepada calon pembeli melalui media internet. Hal ini tidak terlepas dari semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia, sehingga tidak sedikit dari kita yang mulai paham tentang penggunaan media internet tersebut termasuk transaksi jual beli.

Bagi seorang pebisnis / wirausahawan / entrepreneur seharusnya dapat mengambil peluang ini untuk meningkatkan volume penjualannya. “Try It or Lose It”. Begitulah ungkapan yang dapat saya gambarkan yang kurang lebih dalam terjemahan Bahasa Indonesia adalah “Coba Ini atau Kehilangan Ini”. Sehingga kita tidak hanya berjualan didunia nyata, tetapi juga dapat menawarkan produk kita di Dunia Online (dunia maya). Ayo jangan sampai kita ketinggalan dengan yang lain !

Apa saja sebenarnya keuntungan-keuntungan yang dapat kita peroleh jika kita memiliki Toko Online ? Disini saya akan sharing tentang 3 (tiga) alasan pokok kita harus buka Toko Online sekarang juga sehingga kita memperoleh keuntungannya :

1. Cost Minimize

Barangkali ada diantara kita yang pernah menyewa sebuah ruko untuk jualan dagangannya, memasang iklan di media cetak/media elektronik, atau merekrut beberapa karyawan ? Berapa besar biaya yang kita keluarkan tiap bulan atau tiap tahunnya ? Jangan berputus asa ! solusi nyatanya adalah Buat Toko Online ! Kok bisa ?

Rekan-rekan sekalian, dengan kita memiliki Toko Online maka kita bisa memangkas biaya-biaya seperti biaya sewa ruko, biaya promosi, biaya operasional, dan lainnya. Berikut simulasinya :

Tabel 1

*Tabel ini hanya untuk keperluan simulasi sederhana dan harga bisa berbeda tergantung lokasi, provider domain dan hosting, media promosi, dan faktor-faktor lainnya.

Keterangan :

- Sewa ruko biasanya dilakukan ketika kita berdagang langsung didunia nyata dengan menawarkan produk-produk kita langsung kepada para calon pelanggan. Harga sewa yang paling murah yang saya ketahui adalah sekitar 5 jutaan per tahun dan bahkan ada yang mahal sampai 20 jutaan per tahun dan mungkin ada yang lebih mahal dari harga tersebut (tergantung lokasi). Namun jika kita masih awal-awal dalam berbisnis dan belum ada modal uang yang memadai, maka hal ini bisa kita substitusi (kita ganti) dengan membuat Toko Online serta menyewa domain dan hosting yang harganya sekitar 200 ribu – 500 ribu per tahun (tergantung jenis domain dan kapasitas hosting).

- Dalam memperluas pangsa pasar biasanya kita coba mempromosikan usaha kita, baik di media cetak (koran, tabloid, majalah, dan sejenisanya) maupun di media elektonik (radio dan televisi). Sebenarnya kita bisa mempromosikan usaha kita melalui internet baik yang Free maupun yang Commercial. Untuk yang gratis kita bisa menggunakan Social Media (Facebook dan Twitter), Optimasi Search Engine (Google dan Yahoo), Blog Walking, dan sebagainya.

Setelah beberapa hari yang lalu saya memaparkan alasan pertama mengapa kita harus punya Toko Online, yakni untuk Cost Minimize. Nah, berikutnya adalah akan saya paparkan alasan-alasan lainnya (2 alasan) mengapa kita harus punya Toko Online sekarang juga. Berikut uraiannya :

2. Time Efficiency

Coba kita bayangkan jika kita hanya memiliki Toko Offline (Ruko dan sejenisnya). Pada umumnya buka pada jam 08.00 dan tutup pada jam 21.00, artinya kita tidak buka 24 jam dan walaupun buka 24 jam maka akan menambah biaya lagi (biaya listrik, biaya karyawan lembur, dan biaya-biaya lainnya).

Lainnya halnya dengan kita memiliki juga sebuah Web Toko Online (eCommerce) yang hanya investasi Domain dan Hosting, tetapi kita bisa tetap buka sepanjang waktu (online 24 jam di internet) dan kita tinggal menunggu pesanan dari SMS, telepon, email, ataupun chatting. Itulah kelebihan Toko Online yang bisa meminimasi waktu karena kita tidak harus menunggu 24 jam sedangkan produk-produk kita bisa di pajang 7 hari x 24 jam Non Stop.

3. Around The World

Mengapa saya katakan “Around The World” (di seluruh dunia) ? Ya, karena salah satu kelebihan teknologi internet adalah tidak mengenal jarak. Jadi, orang-orang yang ada di luar Indonesia bisa mengakses informasi yang ada di Web Toko Online kita. Sebagai contoh, ada sebuah web site yang menyediakan eLearning Kursus Toko Online di web tersebut di buat oleh sebuah lembaga pelatihan di Indonesia (Jakarta), tetapi sudah memiliki siswa dari Luar Jakarta (Padang, Cirebon, Bali, dan sebagainya) dan bahkan Luar Negeri.

Dan ada juga sebuah perusahaan yang bergerak di bidang PLC juga telah mendapatkan order dari Australia di atas puluhan juta (jumlah pastinya kami sembunyikan karena alasan privasi perusahaan).

Nah itulah internet, selain tidak mengenal waktu, juga tidak mengenal jarak. Karenanya apapun produk kita yang memiliki nilai jual dapat kita promosikan dan kita pasarkan sampai ke seluruh dunia. Let’s Go Online !

Silahkan tambahkan di kolom komentar dibawah ini jika ada alasan lainnya dari rekan-rekan sekalian selain dari 3 point di atas.

Belum Ada Komentar

Arsip Blog

@ All Right reserved 2008. Edited By JuraganTAHU Design by usuario ^