Jumat, Maret 19, 2010

5 Tugas Utama Marketing Toko Online yang bisa Anda terapkan

Ada beberapa pertanyaan yang masuk ke alamat email saya mengenai bagaimana cara meningkatkan omzet toko online hingga lebih dari 500%. Strategi apa yang digunakan? Kadang kita sebagai pemilik bisnis Toko Online tidak membuat program yang jelas untuk kegiatan marketingnya dengan baik. Semua berjalan tanpa arahan yang jelas dan sekedar membuat web toko online lalu melakukan SEO sana sini kemudian menunggu hasil. Namun aktivitas pemasaran tidak menghasilkan sesuatu yang signifikan selain kegiatan yang menghabiskan banyak dana, waktu dan energi tanpa hasil yang memadai.

Ketika memulai bisnis toko online, setidaknya kita harus segera memikirkan strategi pemasaran yang tepat agar bisnis toko online kita bertahan dan tumbuh dengan cepat. Strategi ini awalnya adalah prinsip usaha marketing untuk bisnis offline. Namun bisa diterapkan dalam bisnis apapun, mulai dari sektor jasa, industri dan perdagangan. Ada 5 tugas utama strategi marketing untuk toko online yang bisa anda implementasikan, yaitu:

Tugas Pertama : Dapatkan pembeli baru bagi bisnis Toko Online Anda
Tugas Kedua : Ubah mereka menjadi pelanggan pada Toko Online Anda
Tugas Ketiga : Buat mereka belanja lebih sering lagi di Toko Online Anda
Tugas Keempat : Buat mereka belanja lebih banyak di Toko Online Anda
Tugas Kelima : Buat keuntungan lebih banyak lagi

Strategi ini saya adaptasikan dari Bradley J. Sugars yang terkenal dengan Five Ways nya. Namun disesuaikan dengan kulture media bisnis online. Biasanya jika kita baru memulai bisnis toko online, belum memiliki pemasukan rutin. Cadangan dana yang kita miliki belum bisa menutupi operasional harian bisnis toko online anda.

Karena itu Langkah Pertama, yang harus anda kerjakan adalah dengan menjaring pembeli sebanyak-banyaknya untuk produk yang anda tawarkan di toko online. Berusaha agar website toko online kita banyak dikunjungi. Caranya adalah jika ingin cepat dapat traffic bisa menggunakan fasilitas google adwords tapi berbayar. Namun jika ingin murah ongkos promosinya, menggunakan Ilmu SEO. Tapi adalagi cara-cara lain untuk mendatangkan traffic ke toko online anda, tidak harus dengan SEO. Misalnya secara offline. Poin pentingnya adalah bagaimana mengubah mereka menjadi pembeli produk anda. Bayangkan jika anda gagal merubah status mereka jadi pelanggan kita. Aktivitas kita terjebak terus menerus mencari pembeli baru tiada henti.

Jurus SEO untuk mendatangkan traffic, macam macam caranya. Jurus umum yang sering digunakan adalah tentukan keywordnya lebih dulu, rubah page tittle, pemilihan nama domain, meta keyword, meta description, blog walking, isi buku tamu, pasang iklan baris untuk dapat banyak backlink, aktif jualan di social media, dll.

Nah, kami ada event, untuk peserta Seminar Toko Online akan mendapatkan Gratis Workshop SEO senilai Rp 500.000,-..,tapi anda hanya membayar seminarnya saja. Silahkan daftar disini

Selanjutnya langkah Kedua yang harus anda lakukan sebagai pemilik Toko Online adalah membuat pembeli anda menjadi pelanggan tetap pada toko online Anda. Setelah kita berhasil mengubah pembeli menjadi pelanggan tetap, kita harus membuatnya membeli lebih sering ke toko online anda, itulah Langkah Ketiga anda. Semakin sering mereka berbelanja di Toko Online anda semakin sering ia membuat uang Anda tumbuh.

Langkah Keempat adalah menjadikan para pelanggan tersebut membeli lebih banyak lagi dari bisnis anda, sehingga anda mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Semakin besar mereka berbelanja ke toko online anda, semakin besar keuntungan yang anda dapatkan dari transaksi tersebut.

Langkah Kelima adalah setelah 4 tahap sudah di terapkan. Selanjutnya kita bisa menaikkan tingkat keuntungan bisnis kita.

Jadi biasanya kita hanya konsentrasi menjalankan langkah pertama saja yaitu SEO. Namun langkah kedua kurang optimal dan melupakan langkah-langkah selanjutnya. Langkah Ketiga, Keempat dan Kelima lebih cenderung lebih dominan non teknis dari teknis nya.(ridwan)

Belum Ada Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Arsip Blog

@ All Right reserved 2008. Edited By JuraganTAHU Design by usuario ^