Toko Online tanpa pengunjung (baca : Traffic) adalah sia-sia. Bagaimana orang mau membeli jika pengunjungnya saja tidak ada :( . Memang saat ini belum ada jaminan bahwa yang mengunjungi Toko Online pastilah menjadi pembeli kita. Tetapi setidaknya dengan kita meningkatkan pengunjung ke Toko Online kita dapat memperbesar peluang orang untuk membeli produk kita. Why Not ? Berikut saya coba uraikan jurus-jurus untuk meningkatkan kunjungan ke Toko Online kita :
1. Daftar Di Social Networking Web Site
Hari gini belum punya Facebook ! Belum punya ? Silahkan daftar dulu di www.facebook.com (sebelumnya harus punya email dulu yah karena untuk aktivasinya). Sebagian orang menggunakan Facebook hanya sekedar untuk update status, sebenarnya sebagai seorang pebisnis online ada fungsi lain yang lebih besar dari sekedar update status. Apa itu ? barangkali diantara kita sudah banyak yang tahu, tetapi kalo ada yang belum tahu mari kita cari tahu tapi jangan ke tukang tahu :D .
Didalam facebook ada beberapa strategi promosi yang dapat kita gunakan :
- Update Link Produk kita di status.
- Upload dan Tag foto produk kita ke rekan-rekan anda.
- Buatlah Group dan Fan Page untuk membuat sebuah ceruk pasar dan interaksi baik ke kastemer maupun ke calon kastemer, sehingga jika ada produk baru kita dapat mengirim sebuah pesan ke semua member di Group tersebut.
Secara sengaja maupun tidak sengaja dan langsung maupun tidak langsung, ada saja orang yang akan mengklik atau melihat-lihat produk kita walaupun tidak memberikan komentar. Artinya bahwa ada orang yang berkunjung ke Toko Online kita. Tapi ingat ! jangan sering-sering dan sembarangan juga nge-tag foto atau kirim-kirim pesan karena biasanya akan menjadi tidak nyaman bagi anggota yang sudah gabung sehingga keluar dari Group.
Facebook memang saat ini masih merajai sebuah web social networking. Per tanggal ini saja (19 Januari 2010), Facebook berada di urutan pertama untuk wilayah Indonesia (diatas Google.co.id) dan urutan kedua di Dunia (Mengalahkan Yahoo dan You Tube). Namun tidak ada salahnya kita pun bergabung dengan Social Networking web lainnya seperti Twitter, MySpace, dan lainnya untuk ekspansi berpromosi.
2. Daftar Di Katalog/Direktori Toko Online
Silahkan kita daftarkan Toko Online kita di beberapa direktori, baik tingkat lokal (Indonesia) maupun International. Selain dapat meningkatkan traffic, Direktori ini juga bisa menambah Page Rank (PR) web Toko Online kita. Berikut beberapa Web Direktori yang cukup terkenal : Dmoz.org, Directory.Google.com, atau Dir.Yahoo.com.
Jangan lupa yah baca aturannya terlebih dahulu karena kalo tidak sesuai tidak akan di masukkan kedalam direktori tersebut dan memang harus sabar untuk bisa masuk direktori tersebut karena memang yang memverifikasi adalah manusia dan bukan robot/mesin.
3. Daftar Ke Milist (Mailing List)
Seorang pebisnis online kudu wajib musti harus punya Email ! Mengapa ? karena email merupakan sebuah salah satu alat komunikasi di internet yang kita bisa mengirim dan menerima data. Salah satu fasilitas dari Email adalah adanya sebuah Group Email atau yang lebih dikenal dengan Milist (Mailing List).
Di Milist kita bisa berbagi informasi dan pengalaman dengan rekan-rekan lainnya dari seluruh penjuru dunia dan perlu di ingat bahwa setiap Milist mempunyai Tata Tertib (Peraturan) masing-masing, jadi harap di baca dulu aturan mainnya biar kita gak di keluarkan dari Milist (di banned) :( .
Selain itu, ada baiknya kita saling berbagi di Milist tersebut dan bukan hanya semata-mata “Beriklan saja layaknya SPAM” (Say No to SPAM). Juga satu hal lagi, selain kita gabung di Komunitas Bisnis untuk menambah relasi dan jaringan, coba kita gabung ke Milist yang memang temanya sesuai dengan produk yang kita miliki. Misalnya kita punya produk obat herbal atau toko obat (apotik), maka silahkan coba gabung di Milist yang memang memiliki tema Kesehatan. Silahkan dicoba dan tidak ada salahnya bukan ?
4. Cobalah Blog Walking
Ternyata konsep silaturrahim tidak hanya ada di dunia offline (dunia nyata), tetapi bisa kita terapkan juga di dunia online (dunia maya), Betul sekali, sering-seringlah kita berkunjung ke blog orang lain, silahkan dibaca artikel di blog tersebut dan berikanlah komentar, tetapi ingat ! jangan hanya komentar yang sekedarnya (misal : hai, artikel bagus, salam kenal, dan sejenisnya). Tapi berikanlah komentar yang berkualitas serta jangan lupa berikan link ke Toko Online kita pada komentar tersebut.
Lakukanlah hal tersebut 3-5 kali dalam sehari dan semakin hari semakin lama pun Toko Online kita akan lebih dikenal di internet. Mudah bukan ?
5. Cobalah Aktif Di Forum-Forum
Forum online adalah tempat diskusi dimana semua yang terdaftar dalam forum tersebut saling berdiskusi satu sama lain sehingga ada interaksi sesama anggotanya. Cobalah daftar di forum-forum yang memang berhubungan dengan produk anda. Dan perlu diingat kembali bahwa forum jangan hanya digunakan untuk ajang promosi “melulu”, tetapi berbagilah dengan mereka yang membutuhkan informasi dan kontribusi dari anda.
Dengan kita aktif di forum dengan memberikan solusi-solusi dan pendapat-pendapat kita sebenarnya dapat meningkatkan personal brand kita di mata para anggota forum. Juga jangan lupa untuk mencantumkan Signature (identitas kita seperti alamat web toko online, email, nomor telepon, dan sebagainya yang biasanya di letakkan di footer) dan biasanya kita pun dapat berpromosi di forum sesuai dengan thread yang disediakan oleh Moderator Forum.
6. Tingkatkan Search Engine Optimization
Memang akhir-akhir ini kata-kata SEO kian santer dimata para pebisnis online, bagaimana cara meningkatkan posisi sebuah web Toko Online di halaman 1 di Google atau peringkat 1 di Google. yang paling mudah adalah Keyword atau Keyphrase = Domain Toko Online, misalnya anda jual baju anak di internet maka buatlah nama Toko Online anda www.BajuAnak.com atau yang lainnya (moga aja domain ini masih ada :) ) atau dengan kombinasi lain dan pastinya ada kata-kata “Baju” dan “Anak”.
Juga kita harus hati-hati dan cermat dalam mengoptimasi SEO Toko Online kita sebagaimana yang pernah saya posting beberapa hari yang lalu di SINI . Selamat Ber-SEO ria :D .
7. Gunakan Tools Statistik
Banyak sekali tools yang dapat membantu kita untuk melihat statistik pengunjung ke web Toko Online kita, hal ini selain untuk melihat hasil, juga bisa gunakan untuk “Test and Measure” untuk evaluasi dari mana saja traffic/pengunjung berasal dan dengan keyword/keyphrase apa web Toko Online kita di klik pada Google.
Ada beberapa tools yang bisa kita gunakan seperti Google Analytics, AW Stats (bawaan CPanel), Sitemeter, Histats, dan masih banyak lagi dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
Demikian yang dapat saya sharing dan jika rekan-rekan sekalian punya Jurus-Jurus lainnya, silahkan berikan komentar dibawah ini. Nantikan artikel-artikel selanjutnya dari kami.
Jumat, Maret 19, 2010
7 Jurus Cara Meningkatkan Traffic Ke Toko Online Anda
Ditulis oleh
opan
Label: Soft Marketing, Strartegi Taktik, TIPS, Toko Online
technorati: Soft Marketing, Strartegi Taktik, TIPS, Toko Online
Label: Soft Marketing, Strartegi Taktik, TIPS, Toko Online
technorati: Soft Marketing, Strartegi Taktik, TIPS, Toko Online
Gostou deste artigo? Deixe um comentário ou assine nosso Feed.
Artikel Lain
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Arsip Blog
-
▼
2010
(128)
-
▼
Maret
(19)
- Info Lowongan Bank Syariah Bukopin
- Info Lowongan Kerja di Pertamina
- Info Lowongan Kerja di Garuda Indonesia
- Olah Data Statistik : Teknik Penulisan Instrumen P...
- Info Lowongan Kerja Calon Petugas Kesehatan Haji 2010
- Tahun 2010, Bukan Hanya Fokus SEO, Tapi Juga CRO
- 5 Tugas Utama Marketing Toko Online yang bisa Anda...
- 3 Langkah yg terabaikan untuk merubah pengunjung m...
- Apakah Toko Online anda selama ini hanya sekedar m...
- Cara Mudah dan Murah Membangun Toko Online
- 10 Poin Penting untuk meningkatkan Kredibilitas To...
- 5 Kesalahan Fatal Dalam Optimasi Keyword Dan Keyph...
- 7 Jurus Cara Meningkatkan Traffic Ke Toko Online Anda
- 3 Alasan Penting Mengapa Kita Harus Punya Toko Onl...
- Toko Online versus Toko Offline
- Tips Toko Online : 4 Manajemen Dasar Toko Online
- Apa Sih Toko Online?
- Tips Toko Online : Nikmatnya Membangun Bisnis Toko...
- Taktik Selling “Seolah-olah” mempercepat closing s...
-
▼
Maret
(19)
Label
- LOWONGAN KERJA
- TIPS
- Analisa Data Statistik
- Olah Data Statistik
- Info CPNS
- MOTIVASI
- Statistik
- Info Beasiswa
- Lucu-LUCU
- Soft Marketing
- CIREBON heritage
- Strartegi Taktik
- Batik Cirebon
- Grosir Batik Murah
- Tips: CARI KERJA
- Analisis Data Statistik
- TIPS: Buah Obat
- Toko Online
- olahdata
- olah data
- olahdata statistik
- TIPS: Tanaman Obat
- TIPS: Sayuran Obat
- MISC
- Kuliner
- Bisnis Corner
- Free Software
- RajaKerupuk Udang
- Tipe Kepribadian
- konsultan riset pasar
- konsultan statistik
- Marketing
- Social Media
- Wisata Kuningan Jawa Barat
- Data Bank di Cirebon
- GRATIS PASANG BANNER DAN LINK BLOG
- Gaji PNS
- Kuningan Jabar
- Manajemen Risiko
- Pemasaran
- TOP MARKOTOP AWARD
- Uji Parametrik
- Wisata Cirebon
- keong racun
- tesis
- Adaro
- Alamat Bank Mandiri Syariah
- Alamat Kantor BRI
- BRI Syariah
- BUKBER 2010
- Bank Panin
- Consumer 3000
- Curriculum Vitae
- Data Bank
- Etnografi
- FGD
- Gempa Bumi
- IKLAN MURAH
- Korelasi
- Olimpiade Sains
- Paypal
- Piala Dunia 2010
- Regresi Logistik
- STAN
- Sepakbola
- Uji Non Parametrik
- Unlock Modem
- amos
- asuransi
- bank mandiri
- cara pesan tiket kereta api online
- data panel
- deduktif
- disertasi
- faktor
- focus group discussion
- freeport
- induktif
- inflasi
- jasa olahdata murah
- komunitas
- kredibilitas
- kualitatif
- kuantitatif
- lisrel
- loker
- mei 1998
- metode penelitian
- olahdata skripsi
- olahdata spss
- penelitian kualitatif
- penelitian kuantitatif
- polsek Indramayu
- realibilitas
- serikat pekerja
- sfbatavia
- sfcirebon
- skripsi
- spss
- srudukfollow
- tips menulis skripsi
- tips menulis tesis
- uji MWD
- validitas
Belum Ada Komentar