Jumat, Maret 19, 2010

Apakah Toko Online anda selama ini hanya sekedar menjadi Pajangan?

Antusiasme membangun toko online makin marak belakangan ini. Coba saja sekarang ketik di situs mesin pencarian google dengan kata kunci Toko Online. Kompetisi makin ketat, kata kunci menjadi lahan perebutan untuk mengoptimisasi toko online sesuai dengan produk yang mereka tawarkan. Hampir semua jenis produk, perlahan-lahan sudah mulai bermunculan dari menjual dispenser, baju, kaos, buku, komputer, alat olahraga, kebutuhan balita dan masih banyak lagi.

Nah…namun tidak sedikit kami mendapatkan keluhan tersembunyi mengenai pencapaian hasil dari bisnis toko online mereka. Ternyata tidak semua toko online mereka menghasilkan penjualan. Masih jauh dari target hasil yang diinginkan. Bahkan ada yang sudah cukup bagus trafficnya dan cukup lumayan bisa meningkatkan jumlah pengunjung ke arah situs toko onlinenya.

Namun…walaupun traffic bagus, bukan berarti otomatis langsung menghasilkan penjualan. Ternyata ketika terjadi kunjungan, belum tenatu pengunjung situs toko online anda memutuskan untuk segera membeli. Toko Online sudah dibuat dan traffic sudah bagus tapi sepi penjualan, Why?

Ini dia yang memang kadang luput dari fokus perhatian para pebisnis toko online. Tidak sedikit yang cenderung aktivitasnya lebih mencari traffic sebanyak-banyaknya. Setelah itu hasil jauh dari harapan, terus terang saya juga pernah mengalami hal seperti itu, hehehe…

Ternyata ada tahapan selanjutnya yang harus kita berikan perhatian penuh setelah traffic anda bagus..apakah itu?

Langkah berikutnya kita sudah memfokuskan untuk meningkatkan Tingkat Konversi anda. Yang dimaksud dengan Konversi adalah bagaimana cara merubah calon pengunjung menjadi pembeli di toko online anda. Tingkat Konversi di Indonesia masih sangat kecil rata-rata 1% hingga 3%. Jadi misalnya tiap hari toko online anda dikunjungi 100 orang setiap harinya, Jika Tingkat Konversi hanya 2% berarti ada 2 orang yang beli dari 100 pengunjung. Mudahkan cara menghitungnya :)

Rumusnya = Traffic + Konversi = Make Money

Sesungguhnya ada banyak beberapa jurus konversi yang memandu kita untuk mengarahkan calon pengunjung untuk membeli produk yang anda pajang di toko online. Misalnya Pola desain situs yang membuat mereka nyaman, Informasi penawaran yang anda tawarkan, Sales letter, Kemudahan dalam berbelanja, kemudahan navigasi, aktif di Social Media Optimization, dsb.

Disamping itu masih ada cara-cara lain setelah jurus konversi yaitu kita bisa meraih pelanggan untuk tetap membeli ke toko online Anda dan menaikkan jumlah transaksi belanja mereka bahkan mempersering frekwensi pembelian ke toko online anda.(ridwan)

Belum Ada Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Arsip Blog

@ All Right reserved 2008. Edited By JuraganTAHU Design by usuario ^