Jumat, Maret 19, 2010

Tahun 2010, Bukan Hanya Fokus SEO, Tapi Juga CRO

Tahun 2009 yang lalu, kata-kata SEO (Search Engine Optimization) begitu santer dan hampir semua diantara kita menjadi tahu tentang SEO, bahkan sampai hari ini pun masih hangat diperbincangkan. Semua ahli-ahli SEO “turun gunung” untuk memberikan tips dan triks mengenai SEO, juga muncul beberapa jasa atau layanan yang menawarkan SEO agar Toko Online kita ada di halaman pertama dan/atau urutan pertama di Search Engine (Google, Yahoo, Bing, dsb).

Ketika toko online kita berada di halaman pertama dan/atau urutan pertama di Search Engine, maka traffic pun akan mengalir ke toko online kita yang tentunya dengan traffic keyword/keyphrase yang banyak/bagus juga (bisa cek di https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal). tentunya merupakan langkah awal yang bagus untuk menambah traffic ke toko online kita. Jangan sampai kita punya toko online tetapi tidak ada atau sedikit yang mengunjunginya alias sepi pengunjung (barangkali bisa “test and measure” untuk di evaluasi melalui tools statistik seperti : Google Analytics, AWStats, Histats, Sitemeter, dan masih banyak lagi). (ridwan)

Namun belakangan ini kita pun harus berpikir, apakah pengunjung toko online yang banyak menjamin bahwa pembelian pun menjadi banyak ? jawabannya bisa YA atau TIDAK. YA, karena semakin banyak pengunjung semakin memperbesar peluang orang untuk membeli. TIDAK, karena walaupun pengunjung banyak tetapi Conversion Rate (tingkat konversi) tetap statis atau menurun yang artinya tingkat konversi pembelian cenderung sama dan/atau peningkatannya tidak signifikan.

Oleh karena itu bagi kita-kita yang sudah tahu ilmu SEO (Search Engine Optimization) mulailah di 2010 ini fokus ke CRO (Conversion Rate Optimization), yakni bagaimana mengubah dari pengunjung menjadi sebuah transaksi pembelian. biasanya untuk CRO dihitung dalam sebuah persentase. misal : Bulan Januari 2010 ada 1000 pengunjung, tetapi yang beli hanya ada 50 orang. Jadi CR kita adalah : 50/1000 * 100% = 5%. maksimal persentase CRO adalah 100% yang artinya Jumlah Pengunjung = Jumlah Transaksi Pembelian.

(Contoh Simulasi Grafik CRO)

Nah, coba kita evaluasi untuk beberapa bulan kedepannya (Jumlah Pengunjung + Jumlah Transaksi Pembelian). Dari sana kita bisa lihat grafik CR-nya. apakah ada peningkatan atau penurunan dan kita bisa evaluasi, apakah dari faktor internal (on site) atau eksternal (off site) yang mempengaruhi CRO tersebut.

Belum Ada Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Arsip Blog

@ All Right reserved 2008. Edited By JuraganTAHU Design by usuario ^