Jumat, Maret 19, 2010

Cara Mudah dan Murah Membangun Toko Online

Mungkin di dalam benak kita, membangun Toko Online itu adalah pekerjaan yang sangat sulit, sukar, rumit, dan bahkan membutuhkan biaya yang besar. Namun, pada kenyataannya, itu semua hanyalah isu yang tidak benar, sesungguhnya membangun toko online itu sangatlah mudah, menyenangkan, dan murah.

Mudah

Pada sekitar tahun 1990-an hingga awal 2000-an, membangun sebuah website merupakan sesuatu pekerjaan yang sulit dan hanya segelintir orang yang dapat melakukannya. Waktu itu seseorang yang ingin membuat website sendiri harus dituntut untuk mengerti bahasa pemrograman mulai dari HTML hingga PHP sedangkan dari segi tool atau alat bantu pembuat website masih belum secanggih dan semudah sekarang sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan website menjadi sangat lama.

Semenjak hadirnya teknologi Website Content Management System atau lebih dikenal dengan CMS pada pertengahan tahun 2000-an, membuat website menjadi perkara yang mudah. Seorang pembuat website yang hanya memiliki sedikit pengetahuan bahasa pemrograman atau bahkan orang yang tidak memiliki kemampuan dalam membaca kode HTML-pun menjadi dapat dengan mudah dan nyaman dalam membuat website. Pernahkah anda menggunakan Wordpress atau Joomla ? Gampang atau susah ? Wordpress dan Joomla adalah dua contoh web CMS yang populer di dunia.

Nah, dengan memanfaatkan Website Content Management System membangun toko online menjadi sangat mudah. Ada beberapa CMS khusus toko online yang dapat kita gunakan:

1. OsCommerce

Merupakan CMS toko online populer yang dirintis pada tahun 2000. OsCommerce didukung oleh lebih dari 5000 add on (aplikasi tambahan) yang membuatnya menjadi kaya akan fitur. Hingga saat ini, osCommerce sudah dipakai lebih dari 11.000 website.

2. Zen Cart

Merupakan CMS toko online yang dibangun dari OsCommerce. Zen Cart mulai dirilis pada tahun 2003. Sayang semenjak 11 Desember 2007, Zen Cart belum mengeluarkan versi terbarunya lagi.

3. Open Cart

Open Cart merupakan CMS toko online yang kaya fitur dan cocok untuk bisnis skala kecil hingga menengah.

4. Prestashop

Semenjak dirilis pada tahun 2007, Prestashop telah memiliki 40 ribu member komunitas dan digunakan oleh lebih dari 24 ribu toko online di dunia. Prestashop merupakan salah satu toko online yang memiliki fitur lengkap, mudah digunakan, dan memiliki tampilan yang menawan.

5. FreeWay

Freeway mengklaim dirinya sebagai CMS toko online yang paling lengkap fiturnya bahkan memiliki fitur yang tak ditemukan di sistem komersial yang paling mahal sekalipun.

6. MagentoCommerce

Beberapa penghargaan berhasil diraih Magento meski usia Magento masih relatif muda. Dirilis pada Maret 2008, Magento berhasil meraih penghargaan “Best New Open Source Project” pada Juli 2008 lalu meraih penghargaan “Best of Open Source Enterprise Applications” pada Agustus 2008 dan mempertahankannya pada September 2009. Memang, MagentoCommerce adalah toko online yang memiliki beberapa fitur canggih seperti MagentoConnect yang tidak dimiliki oleh CMS toko online lainnya.

7. Quick.Cart

Adalah toko online paling sederhana dan paling mudah penggunaannya diantara CMS toko online – toko online yang ada. Kesederhanaan fungsi dan fiturnya membuat kita yang masih awam akan toko online mudah dalam memahaminya.

Selain bisa memanfaatkan salah satu dari tujuh CMS khusus toko online di atas, kita juga bisa memakai CMS Wordpress dan Joomla sebagai toko online. Namun Wordpress dan Joomla ini harus diinstall aplikasi tambahan (plugin) yang mendukung toko online agar bisa berfungsi sebagai toko online. Untuk Wordpress kita bisa menginstall Wp-ecommerce, sedangkan Joomla kita bisa menginstall Virtuemart.

Murah

Iya, murah, dalam membangun toko online biaya yang dibutuhkan sangatlah murah apalagi CMS toko online yang saya contohkan di atas adalah CMS yang sifatnya open source dan gratis. Artinya kita bisa memakai CMS-CMS tersebut secara bebas tanpa perlu membayar ke pihak mereka. Paling biaya yang dibutuhkan adalah biaya untuk membeli domain dan hosting selain biaya untuk membeli buku atau mengikuti training untuk memperdalam pengetahuan kita akan toko online.(ridwan)

Belum Ada Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Arsip Blog

@ All Right reserved 2008. Edited By JuraganTAHU Design by usuario ^